News  

Wabup Alo Serahkan Hadiah Tantangan Baca Bupati Belu Tahun 2022

Wabup Alo Serahkan Hadiah Tantangan Baca Bupati Belu Tahun 2022

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Tantangan Baca Bupati Belu Tahun 2022.

Acara serah terima Hadiah Tantangan Baca Bupati Belu Tahun 2022, dengan Thema “30 Hari Membaca Tanpa Henti “# salam literasi # Anak Belu Gemar Membaca tersebut, diselenggarakan oleh Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu di Atambua, Kamis (22/12/2022).

Penyelenggaraan Tantangan Baca Bupati Belu berlangsung selama 30 hari dan diikuti oleh 284 anak Sekolah Dasar se-Kabupaten Belu. Para peserta diharuskan membaca satu cerita setiap hari tanpa henti selama 30 hari dan dimulai pada 18 November dan berakhir pada 17 Desember 2022.

Setelah membaca, peserta didik diwajibkan menjawab kuis seputar bacaan yang meliputi tokoh dan nilai moral dalam cerita. Hal itu dimaksudkan untuk mempromosi budaya membaca, memperkaya kosa kata, serta pengenalan nilai-nilai karakter dan kecakapan.

Seluruh komponen kegiatan tahun ini dilaksanakan dengan memanfaatkan fitur Google Classroom. Hal itu sejalan dengan kebijakan pemerintah pada semua satuan pendidikan di wilayah Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Belu, Ketua Pokja Bunda Paud, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Belu, Pimpinan Bank NTT, Para Pengawas, para Kepala Sekolah dan orang tua peserta.
Wakil Bupati Belu mengatakan, partisipasi orang tua dalam tantangan baca Bupati Belu sangat tinggi.

“Ternyata kepedulian membaca anak ini datangnya dari para mama-mama. Partisipasinya sangat tinggi,” ungkapnya.

Menurut Wabup, untuk menjadi baik, kita harus memulai sesuatu dari yang kurang terlebih dahulu.

“Bagaimana belajar menggunakan gadget dan android. Disitu kita bisa banyak belajar, membaca, dan menjawab soal-soal itu dengan berbagai macam peralatan bantu yang digunakan,” jelas Wabup.

Partisipasi ibu-ibu dengan membimbing anak-anak dalam hal membaca, merupakan bekal mereka di masa depan.

“Makna yang kita petik disini, bahwa pendidikan itu butuh kepedulian dan sinergitas. Kalau kita mulai membiasakan anak-anak melalui budaya membaca, dengan sendirinya kita ikut merubah karakter mereka sebagai benih-benih calon pemimpin bangsa sejak usia dini. Kelak mereka akan menjadi pemimpin yang berintegritas, jujur dan rajin,” terang Wabup.

Hadiah Lomba Tantangan Baca Bupati Belu untuk Kategori Kelas IV, V dan VI berupa 1 buah Handphone Galaxy AO3 Core dan sepeda BMX dan Uang Pembinaan kepada pemenang juara 1 sebesar Rp. 1.500.000., Juara 2 sebesar Rp. 1.250.000., dan Juara 3 sebesar Rp. 1.000.000.

Sedangkan Hadiah Juara Kategori Kelas III berupa Uang Pembinaan kepada Juara 1 sebesar Rp. 1.000.000., Juara 2 sebesar Rp. 750.000., dan Juara 3 sebesar Rp. 500.000. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *