News  

Wabup Belu Ajak Warga Nanaenoe Tanam Pohon Cegah Tanah Longsor

Wabup Belu Ajak Warga Nanaenoe Tanam Pohon Cegah Tanah Longsor

TIMORDAILYNEWS.COM – Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr bersama Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM mengajak warga yang ada di wilayah setempat untuk menanam pohon berakar kuat sebagai salah satu upaya mencegah tanah longsor.

Menanam pohon dinilai jadi salah satu cara dalam mencegah terjadinya bencana longsor. Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Belu saat merespons datangnya musim hujan.

“Pagi ini kita akan menanam anakan pohon kurang lebih 2.500 anak. Saya ingatkan kepada para Kepala Desa, jika mati satu ganti dengan 10 anakan. Dua minggu lagi saya datang untuk mengecek dan memastikan bahwa tanaman ini selalu terjaga,” ungkapnya.

Ia menambah, menanam anakan pohon seperti ini sangat besar manfaatnya untuk menahan tanah longsor, apa lagi di daerah tebing seperti ini.

“Selain mengantisipasi tanah longsor, juga sebagai pelindung dan penyedia sumber air. Tolong dijaga dan diperhatikan supaya anakan yang kita tanam hari ini bisa tumbuh dengan baik,” pinta Wabup.

Sementara Uskup Atambua mengajak umat agar berjuang untuk memelihara keutuhan dan berkelanjutan bumi ini. Menurutnya, bumi adalah tempat kita menumpang, tempat kita makan, dan memberikan semua yang kita perlukan untuk kehidupan ini.

“Terima kasih untuk Pater Kristo bersama Camat Nanaet Duabesi dan umat di Paroki ini. Saya senang karena disini sekali tanam langsung berhasil. Kita juga mempunyai Program Belu berbunga. Supaya bisa berbunga Belu harus bertumbuh. Saya sangat yakin bahwa pohon jambu air dan pohon lainnya yang kita tanam pasti akan bertumbuh dan Tuhan memberi kita Rahmat,” ungkap Uskup Domi Saku.

Uskup Atambua juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang selalu bersama dalam kegiatan-kegiatan pembangunan di wilayah Perbatasan RI-RDTL.

“Sebagai Uskup saya berterima kasih kepada Bapak Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu bersama jajaran atas kebersamaan kita di dalam kegiatan-kegiatan selama ini, termasuk kegiatan penanaman hari ini. Walaupun dalam keadaan hujan tetapi kita terus menanam hingga selesai. Terima kasih untuk Pastor Paroki bersama jajaran, para Kepala Desa dan Kepala Sekolah serta anak-anak sekolah diwilayah ini,” ucap Uskup Atambua.

Uskup menuturkan, semoga di 10 tahun yang akan datang, kita bisa menyaksikan pohon-pohon ini bertumbuh dengan baik.

“Oleh karena itu tidak boleh ada penebangan sembarangan. Terkait adanya sumbangan anakan jeruk ke pihak paroki, nanti kita akan bersama-sama menanam lagi, termasuk di Kantor-Kantor Desa, supaya menjadi contoh untuk umat kita disini,” ujar Uskup Domi.

Sebelum dimulainya aksi menanam, terlebih dahulu diberkati ribuan anakan pohon oleh Yang Mulia Uskup Atambua. Ikut menanam, Wakil Bupati Belu, Waket TP PKK, Pimpinan OPD dan ASN, Pospol Laktutus, Satgas Pamtas Laktutus dan Nanaenoe, Siswa-Siswi Sekolah Dasar Nanaenoe, Pastor Paroki Se-Dekenat Belu Utara, Para Kepala Desa, Gerakan Pramuka Belu dan masyarakat Desa Nanaenoe. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *