News  

Wabup Belu Apresiasi Suster Indonesia Timor Leste

Wabup Belu Apresiasi Suster Indonesia Timor Leste

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM mengapresiasi gerakan menanam sepanjang perbatasan Motaain, Indonesia-Timor Leste, yang digagas Suster Provincial asal Indonesia dan Timor Leste. Aksi menanam yang digelar Sabtu (18/11/2022) ini, diawali dengan Pemberkatan oleh Vikjen Keuskupan Atambua, Pater Vinsen Wun, SVD.

Usai pemberkatan, Pastor Paroki Stela Maris Atapupu, Romo Yoris Giri, Pr menyerahkan anakan Cendana kepada Wabup Belu, Wakil Ketua TP PKK, Perwakilan SVD dan SSpS Timor -Timor Leste, untuk ditanam di halaman Kapela St. Michael Motaain, sepanjang dua jalur depan Kapela dan hutan mangrove di kawasan Pantai Motaain.

Tampak anak-anak SD, Biarawan dan Biarawati Indonesia dan Timor Leste, ASN Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan RS Marianum Halilulik, Unsur TNI-Polri serta seluruh umat antusias menanam anakan hingga selesai. Usai menanam, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan panen anggur di kebun anggur Binaan Babinsa Desa Silawan, yang berada di halaman belakang Kapela Santo Michael Motaain.
Wabup Belu pada saat itu, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Belu untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar demi kenyamanan anak cucu sebagai generasi penerus.

“Hari ini kita semua terpanggil untuk merawat bumi dan rumah kita, agar senantiasa sehat dan baik untuk kita diami. Itu semua titipan bagi kita untuk nanti dilanjutkan oleh para generasi penerus,” ucap Wabup.

Ia menuturkan, kegiatan yang diinisiasi para suster Indonesia dan Timor Leste ini sangat luar biasa. Kedepan kegiatan kemanusiaan seperti ini bisa dilaksanakan juga di Timor Leste.

“Kita berharap agar anakan yang sudah diterima dapat ditanam sampai selesai, mengingat kegiatan kemanusiaan ini memberi dampak kelangsungan hidup bagi anak cucu kita kedepan. Patut kita bersyukur karena Tuhan masih memberikan napas kehidupan kepada kita untuk menjaga dan merawat bumi ini,” tandasnya.

Wabup Belu juga mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Belu menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Luar biasa dan ini yang menjadi cita-cita saya (wabup belu, red) dan Bapak Bupati Belu, yang sudah dilakukan oleh para pastor dan suster. Semoga apa yang kita lakukan hari ini memberikan nilai tambah bagi pembangunan insani, rohani serta dorongan dan semangat bagi kita,” tukas Wabup.

Pastor Paroki Stela Maris Atapupu, Romo Yoris Giri, Pr menyampaikan terima kasih kepada Provincial SSpS Indonesia dan Timor Leste yang memilih lokasi Paroki Atapupu sebagai aksi penghijauan.

“Atas nama umat Stela Maris Atapupu dari Silawan sampai Ainiba, saya menyampaikan terima kasih karena telah memilih lokasi Paroki Atapupu sebagai tempat penghijauan. Ini berkat Tuhan untuk kami di Atapupu,” Ucap Romo Yoris.

Romo Yoris Giri juga mengimani kehadiran nyata Santu Arnoldus Yansen ditengah-tengah umat yang sedang menanam anakan pohon di kawasan Kapela Motaain.

“Semoga di Timor perbatasan ini bertumbuh kehijauan dari tangan-tangan yang terberkati hari ini. Kami memilih anakan cendana karena orang mengenal Pulau Timor sebagai Nusa Cendana,” katanya. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *