News  

Wabup Belu Doktor Alo Haleserens Hibur Anak-anak Korban Bencana Alam di Lamaknen Selatan

Wabup Belu Doktor Alo Haleserens Hibur Anak-anak Korban Bencana Alam di Lamaknen Selatan
Wabup Belu Doktor Alo Haleserens Hibur Anak-anak Korban Bencana Alam di Lamaknen Selatan

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu, Doktor Alo Haleserens menghibur dan menyemangati anak-anak korban bencana alam di Dusun Foholulik, Desa Lutharato, Kecamatan Lamaknen Selatan.

Hal ini dilakukannya saat bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Nikolaus U. K. Birri dan Kepala Pelaksana BPBD, Vincent K. Laka, ST, Wakil Ketua TP PKK, Rinawati Br. P. Haleserens dan Kabag Prokopim Setda Belu, Daniel Nahak, SST, berkunjung ke lokasi pada Selasa (07/03/2023).

Kedatangan Wakil Bupati Alo Haleserens yang didampingi Wakil Ketua TP PKK, disambut gembira anak-anak korban bencana tanah longsor. Wabup menghibur anak-anak dengan bercerita, bermain games dan bernyanyi.

Selesai menghibur anak-anak korban bencana tanah longsor, di Dusun Foholulik, Wakil Bupati Bersama rombongan membawa bantuan sembako berupa Kopi Instan, Mie Instant, Makanan Ringan dan Biskuit, serta meninjau Posko bantuan bencana dan Dapur Umur

“Terima kasih kami ucapkan kepada para relawan dan petugas lapangan seperti, TNI-POLRI, BPBD, Dinsos, Satpol PP, Dunia Usaha, Organisasi Masyarakat dan lain sebagainya yang telah ringan tangan dan ringan langkah untuk membantu para korban dengan ihklas,” ujar Wabup Belu.

Waket TPP PKK Kabupaten Belu, Rinawati Br. P. Haleserens, SE mengharapkan dan menyemangati anak-anak agar tetap rajin dan semangat untuk belajar walaupun masih dalam suasana bencana.

Pantauan, Bencana Tanah Longsor, Puting Beliung dan Banjir di Kabupaten menyebabkan banyak warga yang mengungsi termasuk warga di Dusun Haulata, Desa Lutharato, Kecamatan Lamaknen yang terdampak cukup parah. Bencana tersebut menyebabkan warga jenuh dan sedih memikirkan kondisi rumah mereka.

Selain melakukan aksi tanggap darurat, Pemerintah juga ikut memperhatikan kondisi psikologi warga terdampak, termasuk anak-anak, dengan menerapkan kegiatan Trauma Healing, sebagai upaya untuk menyembuhkan atau meringankan beban.

Aksi psikososial ini dilakukan dengan mengajak anak-anak dan juga warga lainnya yang hadir untuk bermain dan bernyanyi, agar mereka merasa senang dan perhatian teralih dari bayang-bayang bencana.

Waspada Selalu

Wakil Bupati Belu, Alo Haleserens meminta warga terdampak bencana longsor di Desa Lakmaras, Kecamatan Lamaknen Selatan agar selalu waspada menghadapi situasi cuaca ekstrem saat ini.

Peringatan Wabup Belu itu, mengingat hujan lebat dan angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Kabupaten Belu beberapa pekan ini, sehingga menimbulkan berbagai kerusakan pada rumah, infrastruktur jalan dan jembatan, hingga lahan pertanian warga.

Bencana alam ini telah menyebabkan ratusan orang kehilangan tempat tinggal akibat tertimbun material longsor. Peristiwa inipun memaksa warga untuk mengungsi di tempat yang lebih aman.

Saat meninjau lokasi Kejadian, Wakil Bupati Belu meminta agar warga terdampak bencana lebih berhati-hati di malam hari, terutama dimusim hujan seperti ini bencana longsor ini dapat terjadi kapan saja.

Saat meninjau lokasi bencana, Wakil Bupati Belu, Alo Haleserens meminta agar warga terdampak bencana lebih berhati-hati di malam hari, terutama dimusim hujan seperti ini bencana longsor ini dapat terjadi kapan saja.

“Saya minta untuk selalu mendengar arahan dan himbauan dari Camat, Kepala Desa, RT/RW, dan Kepala Dusun terkait situasi saat ini. Kita harus berhati-hati dan selalu tanggap pada situasi, sehingga tidak terjadi korban jiwa,” pinta Wabup Belu usai meninjau lokasi bencana longsor di Desa Lakmaras, Kecamatan Lamaknen Selatan, Selasa (07/03/2023).

Wabup Belu menuturkan, kehadiran Pemerintah dilokasi bencana bertujuan untuk memastikan bantuan pemerintah telah sampai di masyarakat, terutama sembako.

“Intinya bahwa pemerintah selalu hadir dan akan terus memperhatikan dan mendampingi masyarakat, agar beban warga yang kehilangan rumah tinggal dapat menjadi ringan,” katanya.

Wakil Bupati juga menganjurkan agar ke depan masyarakat dapat mencari lokasi yang aman untuk membangun rumah dan selalu berkoordinasi dengan Kades dan Camat

“Kita semua berdoa agar bencana ini cepat selesai, sehingga warga dapat hidup dan beraktivitas seperti biasa tanpa ada perasaan takut,” ujarnya.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Rinawati Br. P. Haleserens, SE, MM berpesan agar warga dapat memperhatikan kesehatan diri dan menjaga pola hidup.

“Kalau ada gejala sakit segera laporkan ke RT atau Kepala Desa untuk segera ditindaklanjuti, karena ada Posko Kesehatan. Para tenaga medis siap melayani serta ketersediaan obat-obatan sangat mencukupi,” ungkap Rinawati Haleserens.

Bernadus M. Mau Lelo, salah satu warga Desa Lakmaras mengeluhkan kondisi rumah yang baru ditempati bersama keluarganya, selama kurun waktu 1,4 tahun.

“Akibat bencana kemarin, tanah di lokasi ini mulai bergeser dan rumah kami ikut miring, sehingga saya bersama keluarga dievakuasi ke tempat yang lebih aman,” ucap Bernadus dihadapan Wabup Belu bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kalak BPBD, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Kabag Prokopim dan Camat Lamaknen Selatan. (Prokopimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *