News  

Wabup Belu Harap Gerakan Pramuka Lahirkan Karakter yang Kuat Mental

Wabup Belu Harap Gerakan Pramuka Lahirkan Karakter yang Kuat Mental

TIMORDAILYNEWS.COM – Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non-formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan serta memiliki tujuan akhir untuk membentuk karakter, moral dan pikiran akhlak mulia.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM saat menjadi pembicara di Acara Pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Kwarcab, Khamabiran, Kamabigus dan Badan Pengurus Kwarcab Belu 2022-2027 di GOR L. A. Bone, Jumat (05/08/2022).

Rakor ini dilaksanakan dalam rangka persiapan menuju pelantikan seluruh pengurus Pramuka dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega di Kabupaten Belu.

“Terima kasih banyak kepada kakak dan adik (sebutan resmi di gerakan pramuka, red) yang berkenan hadir di acara rakor persiapan pelantikan seluruh pengurus pramuka tingkat Kabupaten,” ucapnya.

Pramuka sebagai pandu negara, demikian Wabup Alo menyebutkan, bahwa ada karakter dibahu kita, ada etika dibahu kita, ada moral dibahu kita, ada integritas untuk diri sendiri, untuk siswa-siswi dan masyarakat.

“Kita mengapresiasi para pengajar dan pendidik yang luar biasa mendidik anak-anak kita. Hampir 3 tahun seluruh kegiatan kepramukaan tidak terlaksana, karena adanya COVID -19 yang menghantui kehidupan kita. Tetapi sekarang, kita mau lihat Bapak Ibu agar kembali menghidupkan dan menggerakan pramuka di sekolah masing-masing,” ujar Wabup.

Menyongsong pelantikan badan pengurus pramuka, Wabup mengingatkan agar semuanya dipersiapkan secara baik, terutama program kerja gerakan pramuka untuk lima tahun kedepan.

“Kita orang pramuka, harus mengasah kepribadian menjadi sosok yang kuat mental dan bersosial tinggi. Mengingat, gerakan pramuka berperan penting mempersatukan generasi muda dan meningkatkan wawasan kebangsaan, sehingga semangat korps harus dijaga dalam suasana persaudaraan,” terang Wabup dihadapan Wakil Ketua Bidang Bina Muda, Ch. Karmel Betang, S.IP, Wakil Ketua Ketua Bidang Binawasta, Ir. Fridolinus Siribein, dan Wakil Ketua Bidang Humas dan Publikasi, Daniel Nahak, S.STP.

Disampaikan Wabup, tujuan didirikannya pramuka yaitu sebagai wadah pembinaan bagi kaum muda, agar menjadi generasi yang baik dengan cara membina mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik untuk generasi kita yang lebih baik lagi,” tukasnya. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *