Belu  

Wabup Belu Serahkan Ijin Pendirian dan Operasional SMPN Asuulun

WABUP BELU SERAHKAN IJIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL SMPN ASUULUN

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM menyerahkan Ijin Pendirian dan Ijin Operasional SMP Negeri Asuulun di halaman SDI Asuulun, Selasa (30/11/2021).

Penyerahan SK ini langsung diterima oleh Ketua Panitia Pendiri SMPN Asuulun, Agus Ch Lasboy didampingi Koordinator Sekolah, Petrus Bouk, Camat Atambua Selatan, Ferdinand Hale Kin, Sekretaris Dinas P dan K, Yustinus Loko Bau dan Danramil Kota.

Dalam sambutan sebelum menyerahkan SK, Wabup Belu, Alo Haleserens mengucapkan terimakasih kepada Pak Agus Lasboy bersama seluruh panitia yang telah bersama-sama membantu pemerintah berpikir tentang pendidikan.

“Proses SK ini lumayan memakan waktu yang panjang, kalau tidak sabar mengurus pasti akan mati,” ujar Wabup Belu.

Wabup Belu mengharapkan agar seluruh panitia dan masyarakat tetap mempertahankan eksistensi sehingga SMPN Asuulun ini tetap eksis dengan cara bahu membahu, membangun koordinasi serta komunikasi memperkenalkan SMPN Asuulun kepada masyarakat sehingga anak-anak dapat bersekolah disini dan juga bersama-sama memastikan bahwa kedepan SMPN Asuulun akan mejadi lebih baik.

Terkait pembangunan fisik sekolah, Wabup Alo Haleserens mengatakan bahwa disini hadir juga Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Bidang Bina SMP sehingga tentunya perencanaan serta proses lainnya akan dibantu oleh Dinas karena ini juga sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati saat ini di bidang pendidikan.

“Kami paham betul soal ini, kalau cepat kenapa harus lama. Kalau bisa sekarang, kenapa harus ditunda-tunda dan kami punya komitmen tentang itu,” tandasnya.

Wabup menambahkan, tentunya kita sekalian memiliki satu tekad dalam bidang pendidikan yaitu meningkatan kualitas/mutu pendidikan di Belu sehingga tujuan hadirnya SMPN Asuulun tentunya agar akses pendidikan terbuka serta mempercepat keterjangkauan anak ke sekolah, pemerataan dan distribusi pendidikan serta hal lainnya.

“Mari kita bersama-sama, bahu membahu. Kedepan kita harus fokus untuk mengembangkan SMPN Asuulun,” imbuh Wabup Belu.

Ketua Panitia Pendiri SMPN Asuulun, Agus Ch. Lasboy dalam laporannya menyampaikan proses ini dimulai sejak tahun 2003 dan mengalami berbagai tantangan.

“Puji Tuhan, segala usaha dan kerja keras kami pada tanggal 19 November kemarin, kami menerima SK Bupati Belu terkait Ijin Pendirian dan Ijin Operasional SMP Negeri Asuulun. Atas nama masyarakat dan orangtua, kami menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu karena telah menjawab usulan kami,” ujar Agus Lasboy.

Ditambahkan, sekolah ini didirikan juga karena jarak tempuh ke SMP terdekat sejauh 5 kilometer dan awal mula karena belum memiliki gedung maka masih berstatus SMP Kelas Jauh yang proses kegiatan belajar mengajarnya dilakukan pada sore hari menggunakan gedung sekolah SDI Asuulun.

Ketua Panitia juga melaporkan bahwa SMP Negeri Asuulun ini memiliki 4 SD pendukung yakni SDI Nunfuak, SDK Motabuik, SDI Asuulun dan SDI Lalosuk serta telah memiliki tanah untuk pembangunan seluas 8.306 meter dan Dinas PUPR telah melakukan survey serta status tanahnya tidak bermasalah.

“Harapan kami agar setelah ini Pemerintah bisa membantu pembangunan gedung sekolah karena saat ini anak-anak masih menumpang di gedung SDI Asuulun,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah murid pada SMPN Asuulun untuk Kelas VII berjumlah 21 siswa, Kelas VIII 12 siswa dan Kelas IX 84 siswa, jumlah murid secara keseluruhan 117 siswa dengan 11 guru pengajar, 2 tenaga kependidikan, operator 1 orang dan sebagai Koordinator sekolah adalah Petrus Bouk.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Yustinus Loko Bau, Camat Atambua Selatan, Ferdinand Hale Kin, Danramil Kota, Lurah Fatukbot, Rinbesi dan Lidak, Bhabinpol, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, guru, serta murid dan undangangan lainnya. (prokopimbelu/TIMORDALYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *