News  

Waspada Musim Penghujan, Bupati Belu Minta Seluruh OPD Selalu Siaga

Waspada Musim Penghujan, Bupati Belu Minta Seluruh OPD Selalu Siaga

TIMORDAILYNEWS.COM – Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada serta memperhatikan kondisi cuaca di wilayah masing-masing, khususnya dimusim hujan.

Begitupun instansi terkait untuk selalu siap siaga.

Hal ini menyikapi hujan yang mulai mengguyur dalam beberapa waktu terakhir di Kabupaten Belu dan sekitarnya. Ditambah, beberapa wilayah di Belu yang sering longsor dan menjadi langganan banjir.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana, seperti banjir dan longsor. Begitu juga ketika beraktivitas di luar rumah, untuk terus memperhatikan kondisi cuaca,” ucap Bupati Belu saat memimpin Apel Awal Minggu di Halaman Kantor Bupati Belu, Senin (17/10/2022).

Bupati Belu juga meminta kepada jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan agar berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa untuk memantau seluruh lahan yang sudah diolah.

“Berapa luasan lahan yang sudah diolah dan ditanam, kemudian berapa yang belum dan segera dilaporkan. Selain itu pantau dan laporkan ketersediaan pupuk dan bibit serta lakukan pengawasan,” ujar Bupati Taolin.

Begitupun kepada para Camat, Kepala Desa, dan Lurah untuk tetap waspada serta melakukan upaya antisipasi dan persiapan secara dini.

“Saya minta agar semua aktif berkoordinasi dan melaporkan perkembangan kepada OPD terkait,” tutur Bupati Belu.

Disamping itu, Bupati Belu mengingatkan kepada seluruh pimpinan OPD, Camat dan Lurah untuk terus melakukan koordinasi, bimbingan, pengawasan dan pengendalian di masing-masing OPD.

“Jangan sampai ada yang tiap hari tidak masuk kantor, datang apel pagi setelah itu pulang. Saya minta ini dicatat dan kita akan tegakkan aturan. Saya berharap ada penilaian secara berjenjang terkait kedisiplinan dimasing-masing OPD,” katanya.

Selain itu juga, Bupati Taolin mengajak seluruh ASN untuk menanam bunga bougenvil di musim hujan ini.

Beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan apel bersama dan penanaman bunga oleh Petugas Kebersihan.

“Saya memberi apresiasi kepada pimpinan dan seluruh petugas kebersihan yang telah melakukan penanaman dan pembersihan. Ada yang membersihkan selokan, menanam bunga, mengolah pupuk kompos dan membersihkan sampah serta mengumpulkan plastik bekas sampah,” papar Bupati.

Disampaikan pula, beberapa hari lalu rombongan dari Kabupaten Belu telah mengikuti kegiatan Pameran di Dili-Timor Leste.

“Disana kita ikut memamerkan hasil kerja dan hasil inovasi kita kepada dunia luar. Termasuk RSUD juga turut mengambil bagian di pameran tersebut dan ini semua merupakan bentuk pelayanan nyata kita kepada masyarakat,” tandasnya.

Diakhir sambutan Bupati Belu menyampaikan, saat rombongan mengikuti pameran di Dili-Timor Leste, ada apresiasi dari Pemerintah Timor Leste terutama Presiden Jose Ramos Horta terhadap Kabupaten Belu, dimana Presiden sempat mengunjungi Stand Pameran Kabupaten Belu.

“Mudah-mudahan ini merupakan langkah awal dalam meningkatkan kualitas kinerja kita,” tutup Bupati Belu. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *