News  

Kabupaten Belu Raih Penghargaan Sukses STBM, Bupati ; Semua Karena Masyarakat

Bupati Belu dokter Agustinus Taolin usai menerima piagam tersebut mengatakan semua pencapaian ini hanya bisa diraih dengan usaha dan kerja sama seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu
Bupati Belu dokter Agustinus Taolin usai menerima piagam tersebut mengatakan semua pencapaian ini hanya bisa diraih dengan usaha dan kerja sama seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu

TIMORDAILYNEWS.COM – Upaya Pemerintah Kabupaten Belu di bawah kepemimpinan Bupati Belu, dokter Agustinus Taolin dan Wabup Dr. Alo Haleserens dalam mengimplementasikan lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dinilai sukses.

Atas kesuksesan tersebut, Kabupaten Belu dinobatkan sekaligus mendapat penghargaan dari Gubernur NTT sebagai satu-satunya kabupaten di NTT yang sukses 5 Pilar STBM.

Pemerintah Kabupaten Belu lantas dianugerahi Piagam Sukses 5 Pilar STBM yang diserahkan oleh Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, melalui Sekretaris Bapelitbangda Provinsi NTT, Maxianses H. Manafe, kepada Bupati Belu, Kamis (04/04/2023) di Aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua.

Sekretaris Bapelitbangda Provinsi NTT, Maxianses H. Manafe, S. Sos, M. Si yang hadir mewakili Gubernur NTT pada saat menyerahkan piagam tersebut kepada Bupati Belu mengatakan, dengan deklarasi STBM Sukses 5 Pilar ini maka diharapkan akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di Kabupaten Belu.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi NTT memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang telah berhasil melaksanakan dan mengimplementasikan 5 Pilar STBM. Suksesnya pelaksanaan 5 Pilar STBM ini tentunya akan mewujudkan ketahanan kesehatan untuk masyarakat Belu, di mana masyarakat dapat terhindar dari berbagai macam penyakit menular dan keracunan, karena hal ini berkaitan erat dengan cara hidup secara higienis dan saniter,” jelas Maxi Manafe seperti dilansir prokopimsetdabelu.

Menurutnya, hingga saat ini dari 21 Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Provinsi NTT, hanya Kabupaten Belu yang telah melaksanakan 5 pilar STBM.

Saat ini di Provinsi NTT baru ada 5 Kabupaten yang telah melaksanakan 1 Pilar STBM yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan. Sedangkan Kabupaten Belu menjadi satu-satunya Kabupaten di NTT yang telah berhasil mengimplementasikan 5 Pilar STBM.

“Pemerintah Provinsi NTT mengapresiasi hal tersebut dan berharap kedepannya, Kabupaten Belu dapat menjadi pilot project atau daerah percontohan dari implementasi 5 Pilar STBM. Sebagai wujud apresiasi, Pemerintah Provinsi NTT memberikan Piagam kepada Bupati Belu dan Perangkat Daerah atau Pengampu dan Mitra Pembangunan, teristimewa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belu yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan 5 Pilar STBM ini,” ujar Sekretaris Bapelitbangda, Maxi Manafe.

Bupati Belu dokter Agustinus Taolin usai menerima piagam tersebut mengatakan semua pencapaian ini hanya bisa diraih dengan usaha dan kerja sama seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu.

“Saya atas nama masyarakat Kabupaten Belu menerima piagam ini dan tentu melanjutkannya kepada seluruh masyarakat Belu. Semua karena masyarakat Belu. Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan menopang pelaksanaan kegiatan ini, mulai dari pimpinan OPD beserta jajarannya, PLAN Internasional, Pijar Timur dan Kumpesa Rai Belu. Kita perlu mengapresiasi dan memberi penghargaan yang tinggi kepada masyarakat atas terlaksananya kegiatan ini,” ungkap Bupati Belu.

Dikatakannya, salah satu tantangan terbesar dalam melaksanakan 5 Pilar STBM di Kabupaten Belu adalah ketersediaan air bersih.

“Tanpa air ini tidak bisa terlaksana, sehingga hal ini menjadi tugas pokok kita ke depan agar bagaimana kita melanjutkannya kepada seluruh masyarakat Belu sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit menular terutama diare, khususnya kuman E. Coli, yang yang berasal dari WC atau jamban, apabila air minum tidak dikelola dengan baik,” jelas Bupati Belu. (*/roy/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *