News  

Live Streaming Penembakan di New Zealand – Seorang Pria Bersenjata Menembaki Warga dan Menyiarkan Langsung di Facebook

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text]
Live Streaming Penembakan di New Zealand – Seorang Pria Bersenjata Menembaki Warga dan Menyiarkan Langsung di Facebook
 
TIMORDAILY.COM – Serangan brutal dilakukan oleh seorang pria diĀ  Mesjid Selandia Baru (New Zealand) hari ini, Jumat (15/3/2019).
Serangan brutal ini bahkan disiarkan secara langsung (live streaming) oleh pelaku.
Dilansir The Sun, cuplikan video live streaming penembakan itu sangat vulgar untuk dipublikasikan.
Dalam video itu terlihat seorang penembak yang mengeksekusi jemaah Muslim dalam jarak dekat dengan senjata otomatis
Setidaknya satu teroris menembaki masjid-masjid Selandia Baru hari ini menewaskan 49 orang dan melukai 48 lainnya dalam serangan yang memuakkan.
Penembak mengeksekusi jemaah Muslim di Christchurch selama sholat Jumat – dan bahkan menyiarkan langsung penyembelihan di Facebook dalam video 17 menit.
Setidaknya satu pria bersenjata melepaskan tembakan ke dua masjid di Selandia Baru – dan menyiarkan langsung pembantaian di Facebook dengan akun bernama Brenton Tarrant.
Tercatat sekitar 49 orang tewas dalam tragedi ini. Dunia pun bereaksi mengutuk tindakan keji ini.

Live Streaming Penembakan di Masjis New Zealand. (FOTO/THE SUN)

Ada pun sejumlah fakta dari kejadian penembakan ini antara lain :
1. Setidaknya satu pria bersenjata melepaskan tembakan ke dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, pada pukul 13:40 waktu setempat pada hari Jumat.
2. Perdana Menteri Jacinda Ardern telah menyatakan serangan itu sebagai serangan teroris
3. 49 orang terbunuh – 41 orang tewas di Masjid Al Noor, tujuh di Masjid Linwood, dan satu orang meninggal di rumah sakit, 48 orang dilarikan ke rumah sakit dengan luka tembak dan 20 lainnya dalam kondisi kritis.
4. Salah satu pria bersenjata menyiarkan langsung serangan mematikan di Facebook menggunakan GoPro dalam rekaman yang terlalu sulit untuk ditampilkan
5. Itu diposting di halaman Facebook milik Brenton Tarrant
6. Dipahami bahwa pembunuhnya adalah orang Australia dengan orang tua Inggris menerbitkan manifesto setebal 74 halaman sebelum mengamuk.
7. Polisi telah menangkap tiga pria dan seorang wanita, dengan laporan awal tentang seorang yang mengenakan rompi bunuh diri terbukti tidak benar.
8. Seorang pria berusia 28 tahun telah didakwa dengan pembunuhan dan akan muncul di pengadilan besok
9. Dua lainnya masih ditahan dan tidak jelas apakah orang keempat terlibat dalam serangan itu.
10. Polisi sedang mencari properti di Somerville Street, Dunedin sehubungan dengan serangan hari ini.
11. Pemerintah Selandia Baru dan Australia telah mengkonfirmasi bahwa para tersangka tidak ada dalam daftar pantauan Tim kriket Bangladesh berada di salah satu masjid dan lolos dari penembakan
12. Polisi menjinakkan bahan peledak improvisasi yang ditemukan di mobil-mobil jebakan di dekatnya
13. Perdana Menteri Jacinda Ardern menyebutnya “salah satu hari paling gelap di Selandia Baru”
14. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan pembantaian masjid sebagai “serangan teroris” dan mengatakan itu adalah salah satu “hari tergelap” di negara itu.
15. Tiga pria dan satu wanita ditahan setelah penembakan di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood di Christchurch sekitar pukul 1.40 siang waktu setempat.
16. Laporan awal salah satu dari mereka yang ditangkap mengenakan rompi bunuh diri tidak benar, karena polisi memperingatkan “jangan menganggap bahaya telah hilang.”
Lebih lanjut diberitakan, Komisioner Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan seorang pria berusia akhir dua puluhan telah didakwa dengan pembunuhan dan akan muncul di pengadilan besok.
Dia menambahkan polisi masih berusaha memastikan apakah tiga lainnya terlibat, meskipun satu kemungkinan “tidak ada hubungannya dengan insiden ini”.
Polisi juga menjinakkan sejumlah bahan peledakĀ  yang ditemukan di mobil-mobil jebakan di dekatnya setelah pertumpahan darah.
Ardern membenarkan 41 orang tewas di Masjid Al Noor dan tujuh orang lagi terbunuh di Masjid-Masjid Linwood. Satu orang kemudian meninggal karena luka-luka mereka di rumah sakit.
Saat dia meningkatkan keamanan negara ke tingkat tertinggi, PM mengatakan: “Jelas bahwa ini sekarang hanya dapat digambarkan sebagai serangan teroris.”
Dia mengatakan keempat orang dalam tahanan polisi memiliki pandangan ekstremis, tetapi tidak ada dalam daftar pantau polisi.
“Ini bukan masalah seseorang yang menyelinap di bawah radar,” kata PM.
Pelaku penembakan di Masjid New Zealand. (FOTO/THE SUN)

Pelaku Warga Australia
Penembak itu – diyakini seorang warga Australia berusia 27 tahun dengan orang tua Inggris – juga menerbitkan manifesto online setebal 74 halaman yang mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh pembunuh massal Norwegia Anders Breivik.
Dalam dokumen itu ia menulis tentang membalas dendam atas “ribuan nyawa Eropa yang hilang karena serangan teror”.
Dia juga menulis: “Saya telah membaca tulisan-tulisan Dylan Roof dan banyak lainnya, tetapi hanya benar-benar mengambil inspirasi sejati dari Knight Justiciar Breivik.”
Video itu diterbitkan di akun Facebook seorang pria bernama Brenton Tarrant – dan profil ini telah dihapus.
Nama-nama pria bersenjata itu belum dikonfirmasi oleh polisi.
Dalam rekaman memutar, pria bersenjata itu mengatakan “mari kita mulai pesta ini” saat dia pergi ke masjid memainkan musik keras.
Dia juga mengatakan “Ingatlah anak-anak, berlangganan pewdiepie”, merujuk YouTuber yang kontroversial.
Pria itu terlihat mengambil senjata otomatis dari sepatu botnya, dipulas dalam referensi aneh untuk perang Muslim bersejarah.
Dia kemudian masuk dan menembak jatuh banyak orang di ruang doa, karena mereka berlari panik.
Lelaki itu menembak beberapa orang dari tempat parkir sebelum menguntit gedung, mengambil orang dan menembak mayat di lantai.
Pria itu kemudian berjalan kembali ke luar dan menembak seorang gadis muda di trotoar saat dia berteriak meminta bantuan seseorang.
Setelah penembakan itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan itu adalah “salah satu hari paling gelap di Selandia Baru”.
Dalam sebuah konferensi pers, Komisioner Polisi Mike Bush memperingatkan: “Kami tidak berasumsi ini terkandung di Christchurch.”
Dia mengungkapkan bahwa polisi di kota dan di tempat lain akan membawa senjata untuk minggu depan.
Bush mengatakan “telah ada beberapa tindakan keberanian absolut” dalam penangkapan keempat penyerang itu saat dia mengkonfirmasi jumlah korban yang “signifikan”.
“Ini benar-benar tragis. Begitu banyak orang yang terkena dampaknya. Kami belum memiliki identitas mereka yang telah meninggal karena tempat-tempat itu terkunci.”
Dia mengatakan dia tidak akan menganggap tidak ada penyerang lain.
Polisi hari ini sedang mencari sebuah properti di Dunedin, sekitar lima jam perjalanan ke selatan Christchurch, yang terhubung dengan insiden itu, dan telah mengevakuasi orang-orang di rumah-rumah tetangga.
Penguncian sekolah di seluruh Christchurch dicabut pada pukul 17.50.
Tetapi patroli telah ditingkatkan di sekitar masjid di kota-kota lain termasuk Los Angeles “karena tidak hati-hati”. (TD)
 
[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *