Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake Serahkan Bantuan Sembako kepada Prajurit TNI Satgas Pam Puter di Pulau Ndana

lTIMORDAILYNEWS.COM – Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (13/4/2024).

Dalam kunker ini, Penjabat Gubernur didampingi sejumlah pejabat termasuk
Penjabat Ketua TP PKK Provinsi NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake.

Ada sejumlah agenda yang dilakukan Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake selama berada di negeri Nusa Lontar antara lain, menemui para nelayan di Desa Papela, Kecamatan Rote Timur,

Selanjutnya panen raya padi milik masyarakat di Desa Edalode, Kecamatan Pantai Baru, hingga berlayar ke pulau terluar Selatan NKRI Pulau Ndana.

Di Pulau Ndana, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia GL Kalake menyerahkan bantuan sembako kepada prajurit TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) Lanal Pulau Rote.

Saat menuju Pulau Ndana, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake didampingi Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, Sekda Rote Ndao Jonas M. Selly beserta rombongan.

Kedatangan Penjabat Gubernur NTT dan rombongan disambut Komandan dan prajurit Satgas Pam Puter di Pulau Ndana.

Danlanal Pulau Rote Ndao, Letkol Laut (P) Andrik Irwanto mengatakan, kunjungan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan dukungan moril bagi para personel Satgas Pam Puter yang bertugas di pulau terluar Selatan Indonesia.

Saat berada di Pulau Ndana, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake juga berinteraksi dengan para prajurit dan mendengarkan laporan tentang kondisi keamanan di Pulau Ndana.

“Pak Penjabat Gubernur juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi dalam menjaga kedaulatan negara di wilayah yang strategis ini,” ungkap Danlanal Andrik seperti dilansir poskupang.

Dalam momen itu, Penjabat Gubernur NTT bersama Penjabat Bupati Rote Ndao juga mengunjungi beberapa ruangan yang berada di markas Satgas Pengamanan Pulau Ndana.

Danlanal Andrik mengharapkan, melalui kunjungan Penjabat Gubernur NTT dan Penjabat Bupati Rote Ndao dapat memotivasi dan menginspirasi para prajurit Satgas Pam Puter Pulau Ndana untuk terus menjalankan tugas secara profesionalisme dan integritas demi menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

Untuk diketahui, wilayah perbatasan menjadi perhatian bersama, sehingga kunjungan Penjabat Gubernur NTT menjadi momen interaksi untuk mendapatkan informasi mendalam tentang kondisi di lapangan serta untuk menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan pembangunan dan penguatan keamanan di wilayah perbatasan.

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake saat bertatap muka dengan nelayan di Papela mengungkapkan sejumlah isu bilateral yang menjadi perhatian diantara terkit isu lintas batas yang dapat mengganggu kedaulatan negara lain. Sehingga perlu ada alternatif bagi para nelayan pembudidaya rumput laut dan teripang.

“Tentang pencemaran akibat tumpahan minyak Montana, berbagai upaya yang dianggap perlu bagi kepentingan nelayan yang terkena dampak termasuk pemberian ganti rugi harus segera dilakukan. Saya juga meminta masyarakat untuk memberi masukan terkait isu-isu lain yang ada di wilayah Rote Ndao. Diantaranya terkait kecukupan pasokan BBM dengan menyiapkan lokasi khusus untuk penyaluran BBM bagi para nelayan,” ungkap Ayodhia Kalake seperti dilansir selatanindonesia.

Ayodhia Kalake menyampaikan terima kasih atas sambutan   Masyarakat Rote Ndao yang diberikan kepadanya bersama istri. Ia merasa bersyukur berkesempatan berada di tengah masyarakat Kabupaten Rote Ndao seraya meyamaikan selamat Paskah dan Idul Fitri 1445 H.

“Suatu kebahagian buat kami bisa berada di tengah-tengah masyarakat Rote Ndao. Selamat Paskah dan Idul Fitri untuk seluruh masyarakat Kabupaten Rote Ndao,” ungkapnya. (poskupang/SI/roy/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Exit mobile version