Perayaan Paskah GAMKI Nasional di Alor Dibuka Secara Resmi, Ketum: Alor Ditunjuk Karena Toleransi, Sekda :Jaga Keamanan Karena Banyak Peserta Datang

Sambutan Sekda Alor, Soni Alelang ketika me bukan perayaan Paskah GAMKI Nasional

TIMORDAILYNEWS.COM- Perayaan Paskah Nasional Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dan Dies Natalis ke-62 yang digelar di Kabupaten Alor mulai tanggal 17-23 Maret 2024 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Alor, Soni O. Alelang mewakili PJ Bupati Alor, DR. Dr. Zeth Sony Libing, M.Si pada Rabu (17/04/2024) di Aula Watangmelang, Kota Kalabahi, Ibu Kota Kabupaten Alor.

Kegiatan ini akan berlangsung semarak karena diikuti 10.000 orang jemaat dan masyarakat di Kabupaten Alor, juga akan datang peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Puncak kegiatan ini menurut informasi akan hadir Menteri Pemuda dan Olahraga RI dan Dirjen Bimas Kristen Protestan Kementerian Agama RI. Sedangkan Wakil Presiden RI Terpilih, Gibran Rakabuming masih dalam tahap konsolidasi.

Terkait dengan perayaan Paskah Nasional ini, Sekda Alor, Soni A. Lelang mengajak seluruh warga masyarakat di Kabupaten Alor untuk mensukseskan dengan menciptakan keamanan yang kondusif dan nyaman, pasalnya akan banyak orang yang datang untuk menghadiri perayaan tersebut.

Sementara itu Ketua Umum (Ketum) GAMKI melalui Koordinator GAMKI Wilayah Bali-Nusra , John Lim mengatakan Kabupaten Alor ditunjuk sebagai tuan rumah digelarnya Perayaan Paskah Nasional dan Dies Natalis GAMKI ke-62 karena Kabupaten Alor dikenal sebagai daerah toleransi kerukunan antar umat beragama yang tinggi.

Hadir dalam acara pembukaan paskah nasional tersebut, Wakil Ketua DPRD Alor, Yulius Mantaon dan Anggota DPRD Alor, Rey Atabui, Pejabat Pemkab Alor, para Pendeta, Senior GAMKI Alor, OKP Cipayung plus, jemaat dan undangan lainnya. Acara pembukaan ini ditandai dengan Ibadat bersama yang dipimpin Pdt. Elim Pandu, S.Th

Ketua DPC GAMKI Alor, Demas Mautuka dalam Pesannya  menyatakan terima kasih karena Tuhan mengurapi Pemuda Kristen di Alor khususnya GAMKI.

Menurut Mautuka, dirinya awalnya terkejut ketika diberitakan oleh DPP GAMKI bahwa kegiatan paskah nasional digelar atau Kabupaten Alor menjadi tuan rumah, padahal waktunya tinggal 1 minggu. Tentu hal ini, ungkap Mautuka, merupakan tantangan luar biasa, namun Tuhan turut campur tangan membantu penanganan sehingga dari persiapan waktu yang mepet dan hari ini kegiatan dapat digelar dan berjalan lancar.

“Ketika ditunjuk, saya jawab bisa. Karena kita punya senior dan PJ Bupati dan tim yang hebat. Ada teman-teman DPC dan Panitia yang hebat, dan .semua persiapan Tuhan bereskan dan hari ini kita buka kegiatan,” ujar Mautuka yang sehari-hari dikenal sebagai Pekerja Media.

Mautuka melanjutkan, Hari ini Alor dipercayakan menjadi tuan rumah, untuk itu Mautuka minta, agar semua kita dapat menjaga suasana agar kegiatan Akbar ini berjalan sampai selesai dan sukses.

Sambutan senior GAMKI Alor, Obeth Bolang

Rangkaian perayaan paskah nasional di Alor diawali dengan kegiatan lomba menyanyi solo dan vocal group. Untuk itu peserta dapat tampil lomba dengan melantunkan suara emasnya untuk memuji Tuhan. Karya suara ini harus menjadi berkat bagi Negeri tercinta kita Indonesia, NTT, dan Kabupaten Alor. Lomba ini bukan juara yang kita kejar, namun berkat dan kemurahan Tuhan adalah penting. Pujian lagu-lagu rohani ini semoga bisa mencapai Alor, mengatasi kemiskinan, stunting, HIV dan Aids, demi menuju Alor sejahtera,” tandas Mautuka.

Mautuka menjelaskan, puncak perayaan paskah nasional ini akan digelar pada tanggal 23 April nanti, dan ada sejumlah rangkaian acara lainnya termasuk pawai paskah. Dimana pawai bukan untuk menunjukkan kemeriahan, tetapi ini adalah ibadah, kita merenungkan dan merefleksikan kebangkitan Kristus, bahwa Tuhan Allah kita adalah Tuhan yang hidup.

Mautuka menambahkan, kegiatan ini banyak yang hadir dan kita memiliki kerukunan yang kuat, dan bagi GAMKI kerukunan itu sudah tuntas, namun sekarang kita mencari keselamatan. Untuk itu, pinta Mautuka, semua pihak diminta untuk menghormati ibadah ini guna saling menjaga kestabilan negeri ini.

Terima kasih kepada PJ Bupati Alor yang menjadi teladan, dan telah memberikan standar kepemimpinan yang mencirikan nilai kristen. Terima kasih atas dukungannya, tutup Mautuka.

Sementara itu salah seorang Senior GAMKI Alor, Obed Bolang dalam sapaan-nya mengungkapkan, mewakili senior yang ada dirinya memberikan apresiasi kepada DPP GAMKI dan DPD yang memberikan kepercayaan kepada GAMKI Alor untuk menggelar kegiatan paskah nasional di Kabupaten Alor. ini menjadi satu kebanggaan tidak hanya bagi senior tetapi juga bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Alor.

GAMKI, kata Obed, adalah organisasi kader untuk mewujudkan bukti dan pelayanan tidak hanya di gereja, namun di luar gereja terus memberitakan, memberikan bukti (kesaksian)  dan pelayanan kepada banyak orang.

Menurut Obed, dirinya merasa bangga dan menyampaikan terima kasih kepada Ketua GAMKI Alor, Demas Mautuka dan jajarannya yang telah memberikan kontribusi positif untuk pembangunan daerah bukan kegiatan baru ini saja, namun sebelumnya telah menggelar kegiatan untuk menyelamatkan lingkungan dengan menanam pohon ketika daerah ini baru diselimuti Seroja. Demikian pula kegiatan upaya lainnya untuk menurunkan prevelansi stunting.

“Terima kasih atas kerja atas bukti dan pelayanan yang semakin nyata ini. Sebagai kader gereja dan bangsa, ade-ade akan melanjutkan kepemimpinan daerah ini. Teruslah berbuat yang positif,” tandas Kepala BPBD Kabupaten Alor ini.

?

Sambutan Sekda Alor, Soni Alelang ketika saya bukan perayaan Paskah GAMKI Nasional

“Alor Ditunjuk Karena Toleransi”

Dalam acara pembukaan perayaan paskah nasional GAMKI di Kabupaten Alor ini dihadiri oleh pengurus DPP GAMKI, John Lim yang menjabat sebagai Koordinator GAMKI wilayah Bali-Nusra.

Lim dalam sambutannya mewakili Ketua Umum GAMKI di awal Perayaannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang hadir, termasuk dengan OKP Cipayung yang menjadi bagian dari perjuangan gerakan orang muda di Kabupaten Alor dan Indonesia.

Menurut Lim, DPP memilih Kabupaten Alor sebagai tuan rumah kegiatan besar ini karena DPP mempunyai gumulan yang sangat besar, dimana Kabupaten Alor Alor merupakan kota toleransi dan GAMKI secara rutin menggelar pawai paskah.

Potensi yang ada, jelas Lim, akan kita dorong untuk menjadi wisata religi.

Lim mengatakan, dalam kegiatan paskah nasional beberapa hari ini akan kedatangan tamu atau kunjungan dari Dirjen Bimas Agama Kristen Protestan dan Menteri Pemuda dan Olahraga, sedangkan tentang calon Wapres Gibran Rakabuming oleh Ketua Umum GAMKI tengah membangun konsolidasi apakah Gibran hadir atau tidak. Memang, lanjut Lim, sedikit kesulitan untuk hadir karena Gibran adalah Cawapres terpilih dan anak presiden sehingga tentu dari segi keamanan oleh Paspampres menjadi pertimbangan, namun pengalaman belum lama ini ada kegiatan GAMKi di Manado beliau hadir.

Lim juga pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Lakakena yang turut mendukung kegiatan tersebut dengan memberikan bantuan untuk makanan tambahan stunting.

“Di daerah timur kita lagi bergelut dengan stunting, dan sebelum kegiatan ini Ade Demas dalam prosentasenya berbicara banyak tentang stunting yang belum tuntas, juga bicara tentang pariwisata Alor yang luar biasa indahnya, namun terkendala dengan dukungan infrastruktur. Ini menjadi bahan diskusi dan pergumulan kami, ujar Lim yang saat ini memimpin KNPI NTT.

Sambutan Koordinator GAMKI wilayah Bali-Nusra, John Lim

Sementara itu Sekda Alor, Soni O. ALelang ketika membuka perayaan paskah nasional GAMKI tersebut mengatakan, hari ini sungguh luar biasa, hari yang gembira karena GAMKI Alor dapat kepercayaan DPP dan DPD GAMKI untuk menyelenggarakan perayaan paskah tingkat nasional di Kabupaten Alor.

Pemda, kata Alelang, memberikan apresiasi kepada DPP dan DPD yang memberikan kepercayaan kepada Alor. Tentu penunjukkan ini mungkin melalui penilaian kerukunan kita yang baik, sehingga DPP bisa ditempatkan di Alor dari 500 lebih Kabupaten/kota di Indonesia.

Alelang ketika itu juga menjelaskan tentang sejarah berdirinya GAMKI di Kabupaten dan peran GAMKI dalam perjalanan sejarah 30 tahun di Kabupaten Alor yang telah memberikan peran untuk daerah ini.

Menurut Alelang, dalam perayaan nasional ni ada pawai paskah, dan kegiatan pawai ini setiap tahun rutin digelar GAMKI Alor, sehingga ini dapat didorong menjadi wisata religi sebagaimana usulan dari DPP GAMKI.

Alelang menegaskan, Kegiatan perayaan paskah nasional oleh pemerintah telah berbicara dengan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama kita selenggarakan agar perayaan paskah berjalan dengan baik.

Kita semua, kata Alelang diminta untuk menjaga keamanan, meminta agar semua berjalan dengan aman. Kita ciptakan suasana yang kondusif karena akan datangi banyak orang, sehingga kceritera keharmonisan kehidupan di daerah ini menjadi simbol daerah.

Sementara itu Ketua Panitia Perayaan Paskah GAMKI Nasional dan Dies Natalie ke-62 menyebutkan, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 17-23 April 2024 ini akan diisi dengan sejumlah kegiatan, yakni lomba nyanyi solo dan vocal group, Kebaktian dan Kebangunan Rohani (KKR), Pawai Perarakan, Pameran Ekonomi Kreatif dan UMKM, dan Sekolah Politik Kebangsaan.(oktomanehat).***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *