Pesona Air Terjun Nifunaikono Mulai Diminati, Warga Berharap Bantuan Pemerintah 

Pesona Air Terjun Nifunaikono Mulai Dilirik, Warga Berharap Bantuan Pemerintah 
Wisatawan lokal yang mengunjungi Air Terjun Nifunaikono, Kabupaten Kupang, Minggu (16/5/2021). foto by Anselmua Tallo

TIMORDAILYNEWS.COM, KUPANG – Salah satu keindahan alam semesta yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur adalah Air Terjun Nifunaikono.

Ai terjun Nifunaikono yang terletak di Kabupaten Kupang, Kecamatan Nekamese tepatnya di Desa Oelenu memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga saat ini banyak wisatawan lokal mulai berdatangan.

Pesona Air Terjun Nifunakono ini telah menjadi salah satu tempat wisata dan mulai dikenali dan diminati oleh warga sekitar maupun wisatawan lokal di sekitar pada tahun 2018.

Selain memiliki air terjun yang indah, Air Terjun Nifunaikono ini juga memiliki warna seperti pelangi juga memiliki air yang bersih dan jernih.

Untuk sampai ke lokasi, membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit dari Kota Kupang. Biasanya pada hari Sabtu dan Minggu pengunjungnya lebih banyak.

Pesona Air Terjun Nifunaikono Mulai Dilirik, Warga Berharap Bantuan Pemerintah 
Pengunjung Air Terjun Nifunaikono, Kabupaten Kupang

Mulai dari muda-mudi, orang tua, pasangan kekasih, dan anak-anak datang ke air terjun ini untuk mandi ataupun sekadar berfoto ria.

Meski memiliki daya tarik, Air Terjun Nifunaikono ini masih membutuhkan pembenahan untuk menambah daya tarik. Untuk itu, dibutuhkan  intervensi dari pemerintah setempat ataupun pemerintah kabupaten.

Warga setempat, Jonathan Abelo kepada Timor Daily Minggu (16/05/2021) sore, mengatakan bahwa Air Nifunaikono ini mulai diviralkan atau publikasikan di dunia maya sekitar tiga tahun lalu.

Hal itu membuat pengunjung makin bertambah dari waktu ke waktu.

Namun, seiring dengan meningkatnya kunjungan ke air terjun itu, katanya, harus dibarengi dengan upaya pembenahan dengan menambah fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan.

“Sarana dan prasarana yang terdapat di sekitar lokasi air Terjun masih sangat minim. Kami sangat berharap kepada pemerintah agar bisa memperhatikann air terjun ini dengan membantu memfasilitasi air terjun ini sehingga para penhujung bisa ternyaman ketika hendak mengunjung ke pantai ini,” ungkap Jonathan.

Menurutnya, yang menjadi kebutuhan di lokasi adalah perbaikan akses jalan masuk air terjun, pembangunan lopo dan juga ketiga kamar ganti serta WC.

“Tiga hal tersebut adalah fasilitas untuk kenyamanan para penghujung ketika berkunjung ke air terjun ini. Oleh karena itu harapan terbesar kami untuk pemerintah baik pusat, provinsi, kebupaten maupun pemerintah desa memperhatikan ini,” ujarnya.

Kepala dusun setempat, Yosman Labulelo mengatakan, sebagai pemerintah kami sangat terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh para pemuda/i yang antusiasnya sangat tinggi untuk menata air terjun Nifunaikono.

“Kegiatan ini sudah berjalan kurang lebihnya tiga minggu dan sebenarnya sudah berjalan dari tahun-tahun kemarin namun ada beberapa faktor yang menghambatnya yakni akses jalan masuk dan lain sebagainya”

Air Terjun Nifunaikono ini, lanjutnya, sudah membantu warga setempat untuk berjualan sehingga membantu perekonomian keluarga.

“Masyarakat di sini menyediakan minuman berupa kopi dan minuman lain untuk para tamu pengunjung dan saya sangatlah bangga kerena ini merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat di sekitarnya,” kata Yosman. (Anselmus Tallo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *