Pilgub NTT 2024, Jane Natalia Suryanto Disebut Berpeluang Jadi Calon Wakil Gubernur

Pilgub NTT 2024, Jane Natalia Suryanto Disebut Berpeluang Jadi Calon Wakil Gubernur
Pilgub NTT 2024, Jane Natalia Suryanto Disebut Berpeluang Jadi Calon Wakil Gubernur

TIMORDAILYNEWS.COM – Tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernut NTT secara resmi telah dilaunching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT di Hotel Harper Kupang, Rabu 3 Maret 2024.

Sementara itu, sejumlah nama bakal calon mulai disebut-sebut oleh masyarakat sebagai figur atau tokoh yang dipandang mampu memimpin daerah ini lima tahun ke depan.

Salah satu tokoh yang dipandang layak dan mampu menjadi calon gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2024 – 2029 adalah Jane Natali Suryanto atau akrab disapa Sis Jane.

Bagi warga NTT khususnya daerah pemilihan (Dapil) NTT II, Sis Jane memang masih terbilang baru dalam dunia politik.

Meski sebagai pendatang baru, Sis Jane patut diperhitungkan lantaran pada Pemilu 2024 lalu Sis Jane maju sebagai calon anggota DPR RI di Dapil II, dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan perolehan suara yang signifikan namun terganjal ambang batas untuk masuk senayan.

Selain layak dan mampu, Sis Jane juga disebut sangat berpeluang maju sebagai calon gubernur ataupun Wakil Gubernur NTT.

Apalagi melihat perolehan suara partai PSI di tingkat Provinsi NTT yang berhasil meraih enam kursi di DPRD NTT.
Artinya jika calon dari partai politik lain yang ingin menggandeng PSI maka sudah ada enam kursi dan hanya dibutuhkan lagi tambahan kursi untuk memenuhi ambang batas pencalonan gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

Tentunya ini menjadi modal politik bagi Sis Jane untuk bargaining position dengan calon lain ataupun partai politik lainnya dalam perhelatan Pilgub NTT bulan November 2024 mendatang.

Sejumlah tokoh pemuda dari Kabupaten Belu Perbatasan RI-RDTL memberikan kesan bahwa Jane Natalia Suryanto adalah sosok yang baik, low profil serta suka membantu orang lain.

Menurut Yustinus Seran, Sis Jane sosok yang fleksibel, mudah beradaptasi serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

“Sis Jane ini orangnya bersosialisasi dengan Masyarakat. Baik sekali sejauh pandangan kami. Sis Jane ini berpeluang untuk menjadi Calon Wakil Gubernur NTT,” ungkap Yustinus.

Kehadirannya dalam pentas Pemilu 2024, demikian Yustinus, telah membawa warna tersendiri bagi PSI. Hal ini terlihat dari perolehan suara PSI di NTT hingga berhasil mendapatkan kursi yang sangat signifikan pada pemilu kali ini.

“Berangkat dari hasil pemilu kemarin, kita melihat sebagian besar masyarakat di dapil NTT 2 ini menyukai beliau. Ibu Jane ini memang sudah dikenal. Dan beliau memang tipe orang pro orang kecil. Tidak menutup kemungkinan beliau bisa maju sebagai bakal Calon Wakil Gubernur 2024 ini,” ujarnnya.

Terpisah, Anselmus Tallo, SH tokoh pemuda lainnya mengatakan, sosok Jane Natalia Suryanto sosok yang sudah layak untuk maju dalam Pilgub 2024.

“Kita siap mendukung karena Jane Natalia Suryanto yang sapaan akrab Sis Jane ini sudah terukur nilai kepemimpinanya. Ketika kita berbicara soal Pemimpin maka tidak terlepas soal loyalitas. Kalau berbicara loyalitas ibu Jane sangat terukur dan sudah terbukti baru-baru pemilu berlangsung. Oleh karena sebagai pemuda kita siap mendukung sosok seperti sis Jane untuk menjadi wakil gubernur kita,” urainya.

Tokoh pemuda lainnya, Nandito Fatin mengatakan, siapa saja bisa maju dan ambil bagian dalam proses demokrasi, yang tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik didukung lewat Partai Politik ataupun lewat jalur independen.

Ibu Jane, juga figur yang baik dan potensial untuk bisa menjadi Wakil Gubernur NTT karena merupakan figur muda. Semakin banyak yang maju maka semakin baik, itu pertanda bahwa demokrasi kita berjalan dengan baik.

“Kami mengapresiasi kemunculan Ibu Jane dalam proses Pilgub NTT tahun 2024. Sebagai tokoh pemuda dari batas negara RI – RDTL, kami apresiasi hal ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, perhatian Jane Natalia Suryanto kepada NTT dalam 7 tahun terakhir ini cukup banyak.

Bahkan karena kecintaannya terhadap NTT, dia rela bolak-balik NTT selama 7 tahun untuk membantu masyarakat.

Berikut ini sejumlah bantuan yang diberikan atau persembahkan kepada masyarakat;

Di Kabupaten Sabu Raijua berupa Bantuan Sembako (beras, minyak goreng, dan lain-lain) bagi 300 Kepala Keluarga (KK) di Sabu Raijua.

Kabupaten Sumba Timur, Jane menjadi Ibu Asuh (beasiswa penuh) bagi banyak Mahasiswa di Sumba Timur

Kabupaten Rote Ndao : Memberi bantuan untuk pembangunan beberapa Gereja di Rote Ndao sejak lama.

Kabupaten Kupang, memberi bantuan alat semprot hama bagi beberapa kelompok petani di Kabupaten Kupang.
Kota Kupang, Memberikan bantuan untuk pembangunan jembatan yang rusak dan jalan setapak di beberapa Kelurahan Kota Kupang.

Kabupaten Malaka, Memberi bantuan Sembako dan Vaksinasi bagi 5.500 masyarakat ketika Virus Corona (COVID-19) menyerang.

Kabupaten Sumba Barat : Memberi bantuan Pompa Air dan Bak Penampung Air bagi 2 Desa di Sumba Barat Tahun 2022

Kabupaten Sumba Tengah : memberi bantuan vaksinasi dan sembako bagi 1.000 orang di Sumba Tengah saat COVID-19 menyerang.

Dan masih banyak bantuan-bantuan lain yang diberikan Jane bagi NTT seperti bantuan perahu, bantuan Mobil Ambulance, dan lain- lain yang tidak bisa disebutkan semuanya. (*/roy/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Berikut Profil Singkatnya;
Nama Lengkap: Jane Natalia Suryanto
TTL: Karawang, 30 Desember 1982
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Kristen Protestan
Pendidikan Terakhir: S2 Administrasi Bisnis di Rice University, Houston, Texas, USA
Jabatan: Pemilik/Direktur PT. Dutamasindo Labora Jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *