Belu, News  

Pimpin Apel Bersama Satgas Kebersihan, Ini yang Disampaikan Bupati Belu

Pimpin Apel Bersama Satgas Kebersihan, Ini yang Disampaikan Bupati Belu
Bupati Belu Dokter Agus Taolin menyapa tenaga satgas kebersihan usai apel di Lapangan Umum Atambua, Jumat (30/4/2021).

TIMORDAILYNEWS.COM, ATAMBUA – Bupati Belu, Agustinus Taolin memimpin apel pagi bersama Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup di Lapangan Umum Atambua, Jumat (30 4/2021) pagi.

Apel dimaksud untuk melihat kesiapan – siagaan Satgas Kebersihan dalam melaksanakan pekerjaannya menjaga serta menata kebersihan Kota.

“Hari ini kita melakukan apel pagi untuk melihat kekuatan, kesiapan dari seluruh petugas, peralatan yang tersedia,” kata Bupati Agus Taolin dalam arahannya.

“Mengapa, sebab kebersihan, kesehatan merupakan salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati periode ini.” sambung dia.

Dalam arahannya ia juga meminta agar personil Satgas Kebersihan untuk selalu disiplin, baik itu disiplin terhadap waktu maupun terhadap pelaksanaan tugas dari seluruh komponen masing-masing di wilayah tempat kerjanya.

“Saya mau lihat keberadaan atau zonasi dari petugas-petugas di seluruh wilayah Kabupaten Belu ini, siapa bertanggung jawab terhadap apa dan dia berada dimana, tugasnya apa, hasilnya apa dan dikontrol oleh siapa. Masing-masing secara berjenjang sampai Bupati dan Wakil Bupati serta jajarannya,” katanya.

Pada kesempatan itu juga Taolin meminta keterlibatan para camat dan lurah yang berada di wilayah perkotaan untuk turut bersama memperhatikan terkait kebersihan ini.

“Saya minta kepada para Camat dan Lurah yang berada di wilayah kota, untuk melihat kebersihan kota dan sekitarnya dan saya akan mengecek dan memantau kebersihan kota agar kota Atambua ini terstandarisasi kebersihan dan keindahannya. Juga di tempat dimana kita bekerja terutama di kantor-kantor harus memiliki MCK yang bersih dan terdapat perlengkapan – perlengkapan yang dibutuhkan serta adanya daftar standarisasi,” pinta Bupati Belu.

Dan juga, bagi personil Satgas kebersihan, bupati menghimbau agar selalu menggunakan papan nama agar mudah dikenali.

“Saya minta kepada para staf yang melaksanakan tugas diwajibkan untuk menggunakan papan nama agar dapat memudahkan untuk mengenalnya,” himbaunya.

Untuk memudahkan pengawasan tingkat kedisiplinan, akan disiapkan absen secara digital yang bisa diawasi dan dipantau oleh pimpinan.

Di mana sebutnya, dalam absen digital terdapat beberapa poin dan akan diterapkan agar ada perubahan-perubahan dalam diri masing-masing terutama terhadap pola pikir dan pola kerja.

“Kerja harus fokus, harus sesuai dengan prioritas dan selalu disiplin dalam melaksanakan tugas dan tupoksinya,” tukasnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Belu Aloysius Haleserens, menambahkan perihal penggunaan kendaraan baik Pimpinan OPD maupun Satgas Kebersihan untuk tetap memperhatikan kendaraan operasional yang digunakan untuk bekerja.

“Sebelum kita bekerja, kendaraan dalam kondisi aman dan nyaman, perhatikan rem, bahan bakar, perhatian jangka waktu pergantian oli, para pengemudi harus memiliki Surat Ijin Mengemudi, kelengkapan diri dalam bekerja bagi satgas harus ada sarung tangan, tutup kepala dan pimpinan OPD harus merencanakan untuk pengadaan perlengkapan bagi satgas Kebersihan,” ungkap Wakil bupati Belu.

Wakil Bupati Belu juga menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD untuk bekerja melayani masyarakat dengan hati nurani, karena sebagai Aparatur Sipil Negara pastikan diri memahami beberapa hal yakni tunjukan kinerja, dan prestasi yang baik, disiplin kerja, loyalitas dan tidak tercelah, pastikan semua itu ada dalam diri.

Ditegaskan Wakil Bupati Belu agar Satgas Kebersihan dan instansi terkait memperhatikan seputaran alun-alun kota Atambua dalam tiga hari kedepan di usahakan untuk bersih dan tertata rapi.

Terpantau setelah selesai menggelar apel, Bupati Belu didampingi Wakil Bupati Belu dan beberapa pimpinan OPD memantau kendaraan operasional pengangkut sampah dan tangki air serta memantau para pedagang kaki lima di seputaran lapangan umum Atambua.

Turut hadir dalam apel kesiapan tersebut Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Johanes Andes Prihatin yang juga sebagai Kadis Kominfo.(Ino/belukab.go.id/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Editor : Marselino

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *