News  

Wakil Bupati Belu Hadiri Pengukuhan Raja Ekin di Lamaknen Selatan

Wakil Bupati Belu Hadiri Pengukuhan Raja Ekin di Lamaknen Selatan

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM menghadiri dan menyaksikan pengukuhan Raja (nai,red) Ekin, di Kecamatan Lamaknen Selatan, Jumat (18/11/2022).

Turut menyaksikan, Anggota DPRD Kabupaten Belu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Lamaknen Selatan, Camat Raimanuk, Para Nai di wilayah Dasa Rai Lamanen, para Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga setempat.

dan pelantikan Dominggus Atanasus Asa, S. Pd., Gr sebagai Raja Ekin oleh Loro Lamaknen, melalui serangkaian prosesi adat yang berlangsung di Sadan Mot Baurato Balili Ekin.

Wakil Bupati Belu dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan adat merupakan wujud nyata pelestarian tatanan budaya dalam melahirkan figur seorang pemimpin, sekaligus meneguhkan eksistensi wilayah tersebut sebagai salah satu wilayah adat di Kabupaten Belu.

“Acara penobatan ini mengandung nilai-nilai leluhur dan keabadian yang tidak boleh kita tinggalkan. Kita tetap berpegang teguh terhadap nilai-nilai yang dianut, terutama keikhlasan. Jika kita tidak memiliki hati nurani dan ikhlas, maka diantara kita tidak saling menghargai. Dengan demikian etika kesantunan sebagai identitas adat akan hilang perlahan lahan,” ungkap Wabup.

Wabup berharap ada kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pengukuhan Raja secara adat. Terutama warisan adat dalam pemerintahan lokal seperti yang digelar saat ini dapat dipelihara secara turun temurun yang nantinya dapat berfungsi merawat identitas adat dan sosial budaya.

“Mari kita bekerja sama dan menyatukan kekuatan untuk membangun Kabupaten Belu dari Lamaknen. Mari kita isi Lamaknen dengan pembangunan yang berkelanjutan dan jika ada kesepakatan yang belum terlaksana jangan kita saling menyalahkan, tetapi mari duduk bersama mencari solusi untuk membangun Rai Belu tercinta,” jelas Wabup Alo.

Pada kesempatan itu juga Wabup Belu mengajak Loro Lamaknen dan Raja Ekin untuk bergandengan tangan mewujudkan masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif.

“Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan masyarakat. Saya yakin, visi-misi Loro Lamaknen dan Nai Ekin selaras dengan amanat visi-misi Pemerintah Kabupaten Belu. Semoga Ama Nai Ekin bisa menjadi teladan bagi seluruh masyarakat Ekin. Saya percaya, dipundakmu ada kekuasaan, dipundakmu ada pelayanan, dipundakmu ada cinta dan kasih kepada masyarakat ekin,” tandasnya.

Loro Lamaknen, Yoseph Petrus Laku Mali, S.IP mengucapkan terima kasih kepada seluruh Nai di wilayah adat Dasa Rai Lamaknen yang punya kepedulian dan perhatian untuk menghadiri acara penobatan Nai Ekin.

“Mari kita bergandengan tangan dengan Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten agar adat dan program pemberdayaan dari pemerintah bisa berjalan seiring untuk mencapai satu tujuan. Saya mau bilang, jangan terpengaruh dengan orang-orang yang lambat berpikir soal sebuah perubahan, karena yang namanya perubahan pasti ada tantangan dan jangan pernah takut untuk berubah, karena kita saling melengkapi,” tutur Loro Lamaknen. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *