Kupang  

PERMABI Kupang “Kampanye” Anti Sampah Di Pasar Oesapa-Kupang

PERMABI Kupang “Kampanye” Anti Sampah Di Pasar Oesapa-Kupang

Baksos Permabi

TIMORDAILYNEWS.COM,KUPANG- Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Persatuan Mahasiswa Biboki (PERMABI) Kupang melakukan “kampanye” anti sampah di pasar Oesapa, Kota Kupang, Provinsi NTT.

Permabi dalam “kampanye” ini mengajak masyarakat dalam kegiatan bersama bakti sosial (Baksos) membersihkan sampah di pasar tersebut, pada Sabtu (12/6/2021).

Ketua umum PERMABI Kupang, Avelino Bukifan, usai kegiatan kepada media menjelaskan, kegiatan baksos yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari tanggungjawab pemuda dan mahasiswa yang menyandang predikatnya sebagai tulung punggung bangsa dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, agar bisa hidup sehat, baik secara jasmani maupun raohani.

selain itu juga, ungkap Bukifan, baksos yang digelar sebagai wujud konkrit mahasiswa dalam menjawab Tridarma Perguruan Tinggi (PT), yakni pengabdian masyarakat.

Bukifan menandaskan, Fenomena pembuangan sampah secara sembarang di tempat-tempat umum seperti pasar oleh masyarakat khususnya pengguna pasar memang masih saja terjadi. Hal ini karena kesadaran masyarakat masih sangat minim dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Oleh karena itu dengan kegiatan baksos ini bisa menjadi salah satu contoh kepada masyarakat luas khususnya di Kota Kupang untuk bisa berprilaku hidup sehat, dan bebas sampah dari lingkungan sekitar,” tandas aktivis IMATTU Kupang ini.

Seperti disaksikan Wartawan, baksos tersebut berlangsung sekitar 2 jam. Mahasiswa Permabi dan masyarakat menyusuri area pasar dan memunggut satu-persatu sampah yang terbuang dan berserakan, seperti sampah plastik dan jenis sampah lainnya. Sampah yang dipunggut kemudian dibawa ke bak sampah, kemudian diangkut oleh truck sampah Dinas Kebersihan Pemkot Kupang.

Sampah yang dipunggut Permabi

Dengan menaati protokol kesehatan, Mahasiswa Permabi Kupang yang berasal dari Keswaprajaan Biboki, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) ini melaksanakan baksos ini dengan penuh semangat, dan mendapat apresiasi luas dari masyarakat setempat. (nel/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY).

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *